Sebab dan cara mengatasi haid yang sakit



sering banget gue nemuin perempuan pada nulis status yang berhubungan sakit pada hari pertama mereka datang bulan,  beragam cara mereka mengungkapkan di media sosial,  ada yang sakit sampe mau pingsan, kekurangan darah, kekurangan oksigen, kekurangan kasih sayang wkwkwk,  becana kak becanda ,jangan baper,  heheee....

Tapi kadang gw suka benci sama perempuan yang lagi haid, beileh galaknya ngalah ngalahin emak tiri wkwk, yaudah yaudah

Ini ada cara sama penyebab kenapa kamu sakit di hari pertama saat  haid


hari pertama merupakan rasa yang amat hebat, terutama pada saat akan haid di hari pertama periode haid. Berdasarkan penyebabnya sakit haid disebabkan oleh: ,


1. Penyebab sakit haid disebabkan oleh terdapat gumpalan darah pada rahim, banyak berfikir, terlalu takut, terlalu sdih terlalu marah dan sering mengkonsumsi makana yang terlalu dingin di saat haid. Gejala dari datangnya haid yang dapat berlangsung ketika haid itu datang di hari pertama, adalah :
Rasa kejang dan nyeri pada perut bagian bawah pada saat permulaan periode haid atau haid hari pertama.
Nyeri semakin hebat pada saat perut bawah ditekan
Rada nyeri yang menjalar ke punggung, pinggang dan kedua paha
Nyeri berkurang sedikit demi sedikit setelah haid ke sekian hari.
Cairan darah haid yang keluar berupa gumpalan gelap kehitaman
Sakit Haid Hari Pertama

2. Penyebab dari sakit haid hari pertama juga dapat timbul akibat dari ginjal yang melemah mengakibatkan hati ikut terganggu. Gejala yang muncul pada saat nyeri haid timbul sebagai berikut :

Nyeri selama periode haid atau hanya merasakan nyeri pada akhir periode haid
Jika perut bawah diberi penghangat akan terasa enak.

Wajah terlihat pucat, jantung sering berdebar-debar serta kaki dan tangan terasa dingin.
Cairan yang keluar berwarna merah muda
Sakit haid hari pertama memang wajar terjadi. Karena setiap kontraksi otot yang berkepanjangan waktunya akan menyebabkan rasa sakit. Untuk mengetahui apa yang terjadi pada rahim, kepalkan tangan dan tahan erat-erat selama 10 menit. Pada beberapa menit pertama akan terasa adanya tekanan tanpa rasa sakit, tetapi alau diteruskan akan mulai terasa sakit. Kram atau kejang saat haid seperti yang disebutkan di atas dapat menimbulkan rasa tidak nyaman, namun tidak semua wanita mengalaminya, sebagian hanya mengalaminya sekali-kali saja. Namun ada pula yang mengalaminya sampai mengganggu kegiatan sehari-hari.
GEJALA HAID
Gejala dari sakit haid hari pertama dan cara mengatasinya :

1. Sakit haid umumnya ditandai oleh rasa nyeri dan kram di bawah perut biasanya dimulai 24 jam sebelum haid datang dan berlangsung sampai 12 jam pertama setelah haid keluar.

2. Sakit punggung

3. Nyeri di sepanjang paha bagian dalam

Cara mengatasi sakit haid hari pertama dan seterusnya :

1. Gosok perut bagian bawah secara perlahan dengan tangan hingga perut merasakan hangat. Lakukan sambil berbaring.

2. Berendam di air hangat atau mandi dengan air hangat

3. Kompres perut dengan menggunakan air hangat

4. Lakukan olahraga ringan secara teratur akan membantu mengurangi rasa tidak nyaman tersebut. Hal ini akan bermanfaat untuk jangka panjang, selain menyehatkan badan. Juga dapat meingankan penderitaan akibat sakit haid tersebut.

AKTIVITAS TERGANGGU

Sakit haid akan mengakibatkan aktivitas harian kita terganggu. Salah satu penelitian menunjukkan bahwa sekitar 80% remaja di usia 19-21 tahun mengalami sakit haid, dan 15% nya membatasi aktivitas atau rutinitas harian mereka saat haid sedang datang dan mereka membutuhkan obat haid. Ekitar 8-10% mereka tidak masuk kuliah dan tidak sekolah dan juga hampir sekitar 40% membutuhkan tindakan medis. Akibat dari sakit haid yang terjadi ini mengakibatkan gangguan dari segi pendidikan, segi finansial dan juga kuaitas hidup dari wanita yang akan berdampak buruk untuk hidup mereka.
Hal yang harus diperhatikan bukan hanya dari sakit haid yang dialami saja, namun juga gangguan haid lain yang terjadi seperti kelainan dari siklus haid yang terjadi tidak teratur, jumlah dari darah haid, dan berapa haid berlangsung. Pengobatan yang dilakukan pada nyeri haid ini tergantung dari penyebab kejadian. Sakit haid primer biasanya masih bisa diendalikan dengan cara memberikan konseling, bersitirahat yang cukup dan penggunaan obat-obatan jenis antiprostagnaldin yang bisa membantu mengakibatkan kram pada otot rahim akan berkurang. Sedangkan untuk nyeri menstruasi sekunder, maka perlu diobati dengan cara menyesuaikan penyebabnya terlebih dahulu, apakah pemberian dari obat haid untuk menangkal nyeri, penggunaan obat antibiotik, dan juga pengangkatan pada benda asing atau tindakan medis operasi yang lainnya.
Yang paling terpenting adalah bahwa wanita tidak menganggap bahwa sakit haid yang dialaminya adalah suatu hal yang biasa terjadi. Bagaimanapun juga ada suatu penentuan dari penyakit yang bisa datang lebih awal yang bisa membawa hasil pengobatannya menjadi jauh lebih baik dibandingkan sudah terjadi keterlambatan diagnosa yang dilakukan pada penyakit tersebut.
MENGOBATI SAKIT HAID
Cara mengobati sakit haid dengan alami adalah :
Bahan : kunyit 3 ons, kapulaga 3 ons ketumbar 3 ons, biji pala 3 ons, buah cengkeh 3 ons, jinten hitam 3 ons, daun srigading 2 ons, gula jawa 3 ons, gula pasir 3 ons, dan air 250 cc
Cara membuat : kupas dan cuci setelah itu potong semua bahan seperluna saja, lalu rebus menggunakan 250 cc air sampai mendidih. Dan dinginkan dan saringlah ramuan tadi. Minum ramuan 5-6 kali sebelum siklus haid datang.

Tuh non, liat kan,  yang penting juga jangan lupa olahraga seminggu sekali lah, senam kek lari kek 100 KM sehat deh langsung wkwkwk

@fadilamiruljr


0 Response to "Sebab dan cara mengatasi haid yang sakit"

Posting Komentar