Agar Baterai Android Anda Awet

Kali ini kita akan membahas bagaimana baterai Android bisa selalu awet dan bertahan lama, seperti yang kita ketahui OS Android mempunyai banyak aplikasi dan fitur yang sangat banyak dan bermanfaat, hal ini juga meningkatkan penggunaan baterai secara terus menerus, tentu anda tak ingin baterai Android anda cepat habis dari waktu ke waktu, sehingga waktu yang bisa anda gunakan untuk memakai aplikasi tersebut menjadi terganggu, apalagi aplikasi komunikasi seperti chat memang sering kita gunakan dan ini membutuhkan daya baterai yang maksimal. Selain memakai powerbank untuk berjaga-jaga, kita juga harus bisa merawat baterai. Maka tips supaya baterai Android awet dan tahan lama akan saya jabarkan di artikel ini.
Tips Menghemat Baterai Android
Berikut ini tips bagaimana supaya baterai Android bisa awet :
1. Turunkan Brightness Layar
Menurunkan Brigthness layar adalah tips umum agar Baterai Android tetap awet dan tahan lama. Penggunaan kecerahaan layar ini bisa kita minimkan apabila cahaya dari luar sudah cukup atau anda minimal bisa melihat layar Android dengan jelas. Meskipun tips umum cara ini adalah cara yang paling efektif dalam merawat baterai, settinglah brightness layar seminimal mungkin tapi jangan terlalu gelap, minimal anda bisa melihat dengan jelas.
2. Matikan Vibrasi atau Getaran
Tips selanjutnya adalah mematikan vibrasi dalam notifikasi ataupun gerakan tap. Biasanya ketika kita men-tap sebuah aplikasi akan ada getaran yang muncul, hal ini juga bisa membuat baterai cepat habis. Alangkah baiknya apabila kita matikan saja, karena notifikasi dengan getaran bisa di gantikan dengan ringtone ataupun bahkan tidak dinyalakan sama sekali.
3. Hanya Menyalakan Koneksi yang di Butuhkan
Mungkin kebiasan buruk kita untuk senantiasa menyalakan koneksi Wifi atau Bluetooth secara terus menerus. Namun ini beresiko dalam baterai sehingga cepat habis dan tidak awet, agar senantiasa baterai awet maka gunakanlah koneksi yang diperlukan saja. Apabila anda sudah keluar dalam zona wifi maka matikan wifi, juga dengan bluetooth gunakan hanya ketika mentransfer data antar ponsel saja.
4. Matikan Pencarian Sinyal
Apabila anda berada di posisi yang jarang ada sinyal operator seluler maka ponsel anda akan selalu mencari sinyal yang ada, proses ini tentu saja akan mengakibatkan penggunaan baterai terus menerus karena digunakan untuk mencari sinyal. Untuk solusinya, apabila memang dalam situasi tidak membutuhkan sinyal atau sinyal terlalu sulit untuk ditemukan, maka matikan saja koneksi / flight mode, hal ini dapat meringankan kerja Android anda
5. Hindari Suhu Panas
 hindari suhu panas yang berlebihan yang terkena ponsel anda. Semakin panas suhu ponsel mengakibatkan komponen dalam bisa cepat rusak, dalam hal ini khususnya baterai, apabila terlalu panas Android anda bisa mati secara tiba tiba, solusinya adalah hindari kontak langsung dengan matahari atau jangan memakai Android anda di tempat yang pengap atau panas.
6.Ubah Sinyal 3G ke 2G 
Sinyal 3G juga menjadi Faktor Besar di dalam penggunaan atau kinerja SmartPhone anda ,Untuk menurunkan kinerja HP maka lebih baik menurunkan tingkatan sinyal untuk menghemat dan melindungi kinerja baterai anda .

1 Response to "Agar Baterai Android Anda Awet"